Selasa, 10 Januari 2017

Aplikasi atau Software untuk Arsitektur atau Desain Rumah for PC

Aplikasi atau Software untuk Arsitektur atau Desain Rumah for PC


Pada jaman yang mulai maju ini banyak sekali pembangunan mulai dari rumah minimalis,rumah sederhana, Hotel, Rumah sakit, ataupun apartemen.

Pada proyek-proyek tersebut mustahil kalau tidak adanya seorang dalang pembangunannya, siapa sebenarnya dalang pembanunannya? tidak lain tidak bukan dalang dari pembangunan tersebut yaitu sering disebut dengan arsitek. nah pertanyaan yang muncul lagi yaitu bagaimana seorang arsitektur mendalangi itu semua? langsung saya jawab yaitu dengan menggunakan sebauah aplikasi yang sangat baik dan memang dibuat untuk seorang arsitektur dan memudahkan seorang arsitektur untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Aplikasi untuk seorang arsitektur mungkin sudah banyak sekali tersebar dengan masing-masing mempunyai berbagai macam keunggulan dan juga kekurangan. Namun diantara banyaknya apliksi tentu ada yang lebih baik atau yang paling baik.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang beberapa aplikasi untuk desain rumah seorang arsitek yang tentunya bisa menjadi pertimbangan anda untuk membandingkan dan memilih aplikasi untuk anda gunakan.

Langsung saja menuju ke pokok pembahasan,

Berikut beberapa aplikasi atau software untuk arsitektur atau desain rumah for PC :

1. Google SketchUp

Google sketchup merupakan aplikasi berbasis desain gambar yang mudah dan cukup powerfull, dibalik tool yang sederhana ternyata software ini bisa dibandingkan dengan software sejenisnya untuk gambar tiga dimensi seperti desain rumah atau yang lainnya. Tidak haya itu, google sketchup mempunyai banyak kelebihan dalam hal teknik gambar, begitu cepat, mudah, dan efisien, apalagi kalau digabungkan dengan plugugi vray, sejenis software rendering yang paling populer sekarang, hasilnya bisa lebih bagus.
Google sketchup merupakan software untuk membuat, memodifikasi, dan mempertukarkan model 3D. Program ini sangat mudah dipelajari, lebih mudah dari program 3D modeling lain yang selama ini banyak dikenal dan digunakan dikomputer desktop. Google sketchup mulai banyak digunakan orang karena kecepatan dan kemudahan pemakaiannya. Google sketchup di lengkapi tool-tool yang disederhanakan, disertai system penggambaran terpadu, dan tampilan yang tidak rumit.

Google sketchup memiliki beberapa keunggulan, yaitu :
1. Gratis
2. Mudah dipelajari
3. Ringan, tidak membutuhkan spec komputer tinggi
4. Tampilan desain langsung terlihat bagus tanpa harus menunggu proses render terlebih dahulu.
5. Dapat mengimpor tipe file dwg, 3Ds, dan semua tipe gambar.

Google sketchup juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu :
Adapun kekurangan atau masalah pada aplikasi google sketchup adalah saat mencoba membuat permukaan kubah dikarenakan oleh bawaan alat extrude yang rumit, walaupun menekan atau menarik garis lurus di anggap mudah. Karena sifatnya garis, program ini juga kekurangan beberapa fitur canggih yang dimiliki oleh pesaing-pesaing beratnya. 

Tool Google SketchUp :
  1. Make Component : Berbeda dengan Group, Make Component digunakan
    untuk menggabungkan objek satukesatuan
  2. Paint Bucket : Digunakan untuk mewarnai atau menyisipkan material pada objek.
  3. Eraser : Untuk menghapus gambar atau material.
  4. Rectangle : Untuk menggambar objek berbentuk kotak
  5. Line : Untuk menggambar garis lurus.
  6. Circle : untuk menggambar objek bulat.
  7. Arc : untuk menggambara setengah lingkaran.
  8. Polygon : Untuk menggambar objek segi banyak 
  9. Freehand : untuk menggambar bebas.
  10. Move : Untuk memindahkan objek.
  11. Push/Pull : Untuk mendorong atau mengubah objek menjadi 3 dimensi.
  12. Rotate : Untuk memutar objek.
  13. Follow Me :  Untuk mendorong objek yang disesuaikan.
  14. Scale : Untuk mengubah ukuran besar kecil objek yang di skala kan.
  15. Offset : Menduplikasi garis objek yang disesuaikan.
  16. Tape Measure Tool : Digunakan untuk mengukur.
  17. Dimension : Digunakan untuk memberi dimensi pada objek.
  18. Protractor : Untuk Ukur sudut miring Konstruksi dan menciptakan entitas Line.
  19. Text Tool : Untuk  menyisipkan tulisan.
  20. Axes : Memindahkan atau reorientasi sumbu menggambar.
  21. 3D Text : Membuat teks 3 dimensi.   
  22. Orbit : Untuk memutar pandangan objek.
  23. Pan : Memindahkan pandangan objek secara vertikal dan horizontal
  24. Zoom : Untuk memperbesar atau memperkecil pandangan objek.
  25. Zoom Extents : Untuk memperbesar objek satu layar.
  26. Previous : Undo preview
  27. Next : Redo preview
  28. Position kamera : Posisi kamera (pandangan Anda) pada ketinggian tertentu atau memeriksa objek saling berhadapan atau berjalan melalui model.
  29.  Look Around : Pivot kamera (pandangan Anda) dari titik stasioner.
  30. Walk : Berjalanlah melalui (tur) model.
  31. Section Plane : Buat pemotongan bagian efek memungkinkan Anda untuk melihat geometri dalam model.

2. AutoCAD for Architecture

AutoCAD yang dikeluarkan oleh Autodesk.inc memiliki banyak sekali jenisnya tergantung disiplin ilmu mana yang sedang kita geluti,salahsatunya adalah AutoCAD Architecture untuk mereka yang bergerak di bidang arsitek,anda juga bisa mengkombinasi dengan aplikasi terbitan Autodesk yang lain misalnya tekla,revit atau 3ds Max.
Munculnya AutoCAD Architecture ini bertujuan untuk lebih mendukung para pengguna AutoCAD yang menggeluti dunia arsitek,sehingga hasil karya dan desain yang dihasilkan jauh lebih maksimal dan pilih tanding dibandingkan sebelum menggunakan AutoCAD Arsitek tersebut.
Merancang,mendesain bangunan khususnya rumah yang nantinya akan dijadikan tempat tinggal bukanlah hal yang mudah karena bukan hanya aspek keindahan belaka yang menjadi acuan,tetapi aspek kenyamanan juga harus menjadi pertimbangan untuk itu perlu sekali aplikasi yang bisa membantu proses rancang bangun terebut agar menghasilkan sebuah konsep rumah tinggal yang sesuai dengan segala aspek tersebut.
Salahsatu aplikasi atau software yang sangat membantu proses rancang bangun tersebut adalah autoCAD dengan AutoCAD Architecture yang sudah disiapkan untuk anda semua kalangan arsitek,lalu tunggu apalagi,ayoo kita manfaatkan aplikasi tersebut untuk membantu rancang bangun rumah kita.
AutoCAD Architecture adalah sebuah software/aplikasi yang diterbitkan oleh perusahaan ternama asal Amerika Serikat bernama Autodesk inc yang bertujuan untuk membantu proses rancang bangun sebuah proyek arsitektur meliputi home living,apartement,mal,gedung bertingkat hotel dsb.
Ada banyak keunggulan aplikasi ini untuk membantu dunia kerja arsitek dibandingkan dengan AutoCAD umum,karena pada AutoCAD architecture ini sudah memiliki fitur-fitur atau gallery yang kesemuanya dapat dimanfaatkan untuk membantu dan mempercepat proses rancang bangun arsitektur.

3. Microstation

Microstation adalah software berbasiskan grafik yang digunakan untuk penggambaran 2D maupun 3D mirip seperti software AutoCAD . Bahkan sistem kerjanya pun mirip dengan apa yang ada di AutoCAD ,Tetapi microstation memiliki kelebihan yaitu pada fitur yang lebih memudahkan user untuk mendesign.
Tidak semua orang bisa mengoperasikan Microstation, kebanyakan software ini dipakai untuk bidang teknik , infrastruktur, dan bisa di Customize sesuai keinginan user.
Namun ada banyak orang yang menggunakan software ini karena stabilitas ketika datang ke platform yang mereka dapat bekerja pada tidak seperti perangkat lunak lain. Mereka juga merasa lebih mudah untuk digunakan. Ada beberapa masalah dengan menggunakan software ini, yaitu adalah kompatibilitas dan dapat menyebabkan beberapa masalah alur kerja kepada pengguna. Beberapa gambar yang dari AutoCAD tidak dapat dilihat di Microstation. Hal ini menyebabkan mencari bantuan dari seorang arsitek untuk melakukan binding atau melakukan perubahan yang diperlukan pada Anda sendiri.

Sekian Terimakasih.
SketchUp

read more~ http://learnmine.blogspot.co.id/2013/05/software-desain-arsitektural.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Compare Spesifikasi Xiaomi Redmi 4 Prime VS Xiaomi Redmi Note 4

Xiaomi Redmi 4 Prime VS   Xiaomi Redmi Note 4 Merk Xiaomi Redmi 4 Prime Xiaomi Redmi Note 4 Pictures ...